Asosiasi Mahasiswa Biologi Widya Mandala Madiun

Biology on Experiment

HMPS WIMA

Biology on Experiment merupakan suatu kegiatan yang termasuk dalam program kerja HMPS Biologi WIMA. Bentuk dari kegiatan ini adalah mengaplikasikan ilmu biologi dalam hal pembudidayaan dan pelatihan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan soft skill mahasiswa biologi dalam kecintaannya terhadap alam dan kemampuan bekerja secara kelompok. Biology on Experiment kali ini diisi dengan kegiatan penanaman tanaman dengan media hidroponik.

Hidroponik (hydroponic) sendiri merupakan suatu istilah dari bahasa Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Senin, 27 Maret 2017 di Laboratorium Green House Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, dengan acara penanaman kangkung pada media hidroponik. Kangkung dipilih karena merupakan tanaman yang memiliki kemampuan tumbuh dalam waktu cepat dan serempak. Hanya dalam waktu 4-6 minggu setelah benih, kangkung sudah dapat dpanen dan dinikmati. Kegiatan ini dibimbing oleh Ibu Karlina Purbasari, M.Sc. dan diikuti oleh pengurus HMPS dan mahasiswa/i Biologi.